Keutamaan Ilmu Agama

Alhamdulillah,segala puji kepada Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam semoga tercurahkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam, keluarga, sahabat dan orang-orang yang mengikuti sunnah beliau.
Zoners………, kali ini ZONA 554 bakalan mengungkit sedikit Keutamaan Ilmu Agama. Paling tidak membantu Zoners dalam membangkitkan semangat untuk tetap mempelajari warisan Para Nabi ini.
Berikut ini untaian kalimat yang ringkas tentang keutamaan ilmu  antara lain :
1.    Termasuk amal jariyah
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda " Jika anak Adam meninggal, maka terputus amalnya kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang berdoa kepadanya. (HR Muslim).
Ilmu yang Bermanfaat. Ilmu yang bagaimana? Nah, ilmu yang dimaksud disini adalah ilmu yang dapat menyelamatkan diri kita dan keluarga serta masyarakat dari kesengsaraan di dunia dan di akhirat. Oleh sebab itu, yang dimaksud dengan ilmu disini adalah ilmu yang bersumber dari Al Qur’an dan Hadist serta Perkataan Sahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam.
Nah, ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diturunkan kepada orang lain karena Allah semata. Dengan ilmu itu baik diri sendiri, keluarga dan orang lain dapat hidup sejahtera baik di dunia maupun di akhirat. Selama ilmu tersebut digunakan oleh orang lain, maka selama itu pula orang yang memberi ilmu itu mendapat pahala. Jika orang yang diberi ilmu itu menurunkan pula kepada orang lain dan orang tersebut mengamalkannya maka pahala masih terus mengalir. Selama ilmu itu dimanfaatkan terus maka pahala akan mengalir terus.
2.    Jalan Menuju Surga
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda “Barangsiapa menempuh suatu jalan mencari ilmu padanya, niscaya Alloh akan memudahkan baginya jalan menuju surga.”(HR. Muslim)
“Allah akan memudahkan jalannya menuju Surga” mempunyai dua makna. Pertama, Allah akan memudah-kan memasuki Surga bagi orang yang menuntut ilmu yang tujuannya untuk mencari wajah Allah, untuk mendapatkan ilmu, mengambil manfaat dari ilmu syar’i(agama-red) dan mengamalkan konsekuensinya.
Kedua, Allah akan memudahkan baginya jalan ke Surga pada hari Kiamat ketika melewati “shirath” dan dimudahkan dari berbagai ketakutan yang ada sebelum dan sesudahnya.
(dari berbagai sumber)
Masih banyak keutamaan yang lain…Insya Allah lain kali ditambah,  yang pastinya amalkan dulu yan ini yah…..
Wallaahu a’lam

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA 554