Masbookers oleh Facebookers

Zona554. Hidup ditengah-tengah zaman yang serba modern saat ini ibarat pisau bermata dua. Tegnologi komunikasi salah satunya, tegnologi ini akan memberikan manfaat yang besar buat penggunanya tapi bisa juga memberikan kerusakan yang lebih besar lagi bagi penggunanya.

Kalau kita tengok sejenak dunia maya, maka kita akan menjumpai berjuta fasilitas yang bisa memanjakan pemiliknya. Mulai dari info yang penting sampai info yang gak penting bisa kita temukan disini.

Dengan sigatnya iblis mengambil peluang besar ini. Kita mungkin tidak terjatuh pada hal-hal yang gak nyunnah, celana gak isbal, jenggot ada, gak pacaran lagi, gak doyan music lagi, n many more. Jelas…iblis –insya Allah- tidak mampu berkutik untuk hal itu, tapi bagaimana dengan facebook?

Suara lantunan adzan dimana-mana saling bersahutan tak menghentikan status-status di wall. Panggilan kemenangan itu tambah membuat betah sang facebooker didepan kotak ajaib didepannya. Tak hayal facebook menjadikannya barisan terakhir pada shaf, ditambah kekurangan rakaatnya.

Mungkin di facebook tidak pernah lagi muncul status keutamaan berada di shaf pertama pada sholat berjamaah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Seandainya manusia mengetahui apa (kebaikan) yang terdapat pada adzan dan shaf awal, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali dengan cara mengundi, niscaya mereka akan melakukannya. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat dalam bersegera (menuju shalat), niscaya mereka akan berlomba-lomba. Dan seandainya mereka mengetahui kebaikan yang terdapat pada shalat 'Isya dan Subuh, niscaya mereka akan mendatanginya walaupun harus dengan merangkak." (HR. Bukhari)

Sangat besarnya keutamaan sholat berjamaah ditambah shaf terdepan, sampai-sampai Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam mengibaratkan perebutan itu dengan undian.

Inilah salah satu siasat Iblis
Allah Ta’ala berfirman “ (Iblis) menjawab, ‘karena Engkau telah menyesatkan aku, pasti aku akan selalu menghalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus” (Qs. Al A’raf :16)

Jangan sampai gara-gara facebook kita akan tergolong manusia yang lalai, sebagaimana firman Allah
“Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat, (yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.” (QS. Al-Maa’uun: 4-5)

Mari manfaatkan facebook jangan mau dimanfaatkan oleh facebook. Wallahu a’lam (ST)

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA 554