Sholat Sunnah Sebelum Maghrib, Adakah??

Terdengar suara adzan ditelingaku…..alhamdulillah pertanda saatnya berbuka puasa. Saya dan beberapa ikhwahpun segera menikmati hidangan ala kadarnya. Karena takut kesedak, makannya agak santai toh kita bisa gunakan antara waktu adzan dan iqomah untuk makan. Belum habis minuman dingin yang ada ditanganku, tiba-tiba terdengar suara iqomah dari Masjid. Kok cepat amat, emang gak ada sholat sunnah yah? Sholat sunnah apa?? Ini kan maghrib, emang ada sholat sunnah setelah sebelum maghrib??

Terkadang banyak masjid yang tidak memberikan jeda antara adzan dan iqomah, padahal ini pernah di contokan oleh manusia terbaik di permukaan bumi ini.


Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda "diantara dua adzan ada shalat, diantara dua adzan ada shalat, diantara dua adzan ada shalat, bagi siapa yang mau." (HR. Muslim)

Cat: dua adzan maksudnya adalah adzan dan iqomah

Ini adalah dalil umum sholat sunnah setelah adzan, jadi kalau mau sholat sunnah setelah adzan silahkan bagi yang tidak mau juga tidak apa-apa

Tapi…Sangat penting diketahui oleh seorang Muslim terkhusus Muadzin bahwa adzan merupakan panggilan buat kaum muslimin untuk datang ke Masjid  sholat berjamaah, sehingga sebaiknya seorang muadzin memberi jeda antara adzan dan iqomah bagi kaum muslimin untuk siap-siap (berwudhu, dll) agar semua jama’ah bisa mendapatkan takbiratul ‘ula

dari Anas bin Malik  : Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,"Barangsiapa Shalat karena Allah selama Empat puluh hari dengan berjama'ah tanpa tertinggal Takbiratul-ula,maka akan ditulis baginya Dua kebebasan,yaitu:Bebas dari neraka dan Bebas dari sifat munafik." (Tirmidzi-At-Targhib di hasankan oleh Syaikh Al Albany)

Wallahu a’lam

Untuk sholat rawatib silahkan lihat DISINI

Penulis : admin zona554

1 komentar:

myproduct mengatakan...

mau nanya, untuk sholat sunnah antara 2 adzan sebelum maghrib sholat apa namanya ?
dan sholat jumat juga apa ada qobliyah dan ba'diyahnya. tq

Posting Komentar

Copyright © ZONA 554