Memanen Pahala Melalui Shalat Berjamaah

Zoners....ngomongin panen, pasti sangat terkait dengan musim tertentu. Musim duren, musim rambutan, musim jagung, musim duit(gajian) dan musim-musim lainnya. Tapi panen yang satu ini berlaku sepanjang waktu. Entah itu musim hujan maupun musim kemarau.
Zoners…musim panen itu ada pada sholat berjamaah. Eits..tunggu dulu, panen itu tidak didapat di rumah tapi adanya di masjid. Apa saja hasil panennnya??..:
1.Berwudhu di Rumah
Zoners…banyak pahala dengan berwudhu sebelum berangkat ke masjid, jadi wudhu terlebih dahulu dari rumah sebelum ke masjid.
Rasulullah bersabda “Shalat seorang laki-laki dengan berjama’ah dibanding shalatnya di rumah atau di pasarnya lebih utama (dilipat gandakan) pahalanya dengan dua puluh lima kali lipat. Yang demikian itu karena bila dia berwudlu dengan menyempurnakan wudunya lalu keluar dari rumahnya menuju masjid, dia tidak keluar kecuali untuk melaksanakan shalat berjama’ah, maka tidak ada satu langkahpun dari langkahnya kecuali akan ditinggikan satu derajat, dan akan dihapuskan satu kesalahannya.”(HR. Bukhari dan Muslim)

2.Berjalan Kaki ke Masjid
Zoners…dengan berjalan kaki ke masjid kita bisa mendapatkan penghapusan dosa dan pengangkatan derajat disisi Allah.
Rasulullah bersabda "Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang dengannya Allah akan menghapuskan dosa dan mengangkat derajat ?" Para shahabat berkata : "Tentu, Ya Rasulullah", Beliau bersabda " ....dan memperbanyak langkah menuju ke masjid ..." (HR. Muslim).

3.Masuk Masjid dengan Kaki Kanan  dan Keluar dengan Kaki Kiri serta Berdoa
Melaksanakan sunnah Rasulullah (masuk masjid dengan kaki kanan dan keluar dengan kaki kiri), pahala ini tidak didapatkan jika sholat di rumah.
Rasulullah bersabda “jika salah seorang di antara kalian masuk masjid, maka hendaknya dia membaca, “ALLAAHUMMAFTAH LII ABWAABA RAHMATIKA (Ya Allah, bukalah pintu-pintu rahmat-Mu).” Dan apabila keluar, hendaknya dia mengucapkan, “ALLAAHUMMA INNII AS`ALUKA MIN FADHLIKA (Ya Allah, aku meminta kurnia-Mu).” (HR. Muslim)

4.Menunggu Shalat
Mendapat do’a dari Malaikat dan ini bisa didapatkan di Masjid
Rasulullah bersabda "Apabila salah seorang dari kalian duduk untuk menunggu shalat di masjid maka dia senantiasa dalam keadaan shalat selama ia tidak berhadats (dan) para malaikat akan mendo'akannya : "Ya Allah ampunilah dia, Ya Allah rahmatilah dia" (HR. Muslim)

5.Mendengarkan Adzan
Sudah jelas, kalau di tempat umum kayanya susah deh untuk menjawab. Jangankan menjawab, mendengarpun kagak. Padahal pahalanya gede’…
Rasulullah bersabda “Jika seorang muazzin mengumandangkan azan seraya berseru, “ALLAHU AKBAR-ALLAHU AKBAR,” lalu salah seorang di antara kalian mengucap, “ALLAHU AKBAR-ALLAHU AKBAR,”, kemudian muazzin berseru, “ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH- ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH,” lalu dia berucap, “ASYHADU ALLA ILAHA ILLALLAH,” kemudian muazzin melanjutkan, “ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH,” lalu dia mengucap, “ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH,” kemudian muazzin berseru, “HAYYA ALASH SHALAH,” dan dia membaca, “LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH,” kemudian muazzin berseru, “HAYYA ALAL FALAH,” lalu dia menjawab, “LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAH,” kemudian muazzin berkata, “ALLAHU AKBAR-ALLAHU AKBAR,” lalu dia menjawab, “ALLAHU AKBAR-ALLAHU AKBAR,” kemudian (menutup azannya) dengan lafazh, “LAA ILAHA ILLALLAH,”  lalu dia menjawab dengan lafadz, “LAA ILAHA ILLALLAH.” (Jika orang yang mendengar azan melakukan hal itu) dengan keikhlasan sepenuh hatinya, niscaya dia akan masuk surga”. (HR. Muslim)

6.Shalat Sunnah Rawatib
Insya Allah kalau rutin menjaga sholat jama’ah maka rawatibnya juga bakalan terjaga. Dengan itu kita berhak mendapatkan istana di surga.
Rasulullah bersabda “Seorang hamba yang muslim melakukan shalat sunnah yang bukan wajib, karena Allah, (sebanyak) dua belas rakaat dalam setiap hari, Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah (istana) di surga.”(HR. Muslim)

7.Shalat Wajib
Pahala berikut ini tidak didapatkan jika sholatnya di rumah masing-masing
Rasulullah bersabda "Apabila imam mengucapkan "ghairul maghduubi 'alaihim waladdhaliin" maka katakanlah "Amin" karena barang siapa yang aminnya bertepatan dengan aminnya para malaikat maka akan diampuni dosanya yang telah lalu " (HR. Bukhari)

8.Ukhuwah / Persaudaraan
Tentunya kita bakalan saling mengenal diatas dasar keIslaman dengan rutin sholat berjamaah di Masjid.

Zoners…sebenarnya masih banyak manfaat dan keutamaan lain dari sholat berjamaah.
So…mari semarakkan Masjid dan panen pahala dengan 
sholat berjamaah.

Penulis : admin zona554, dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © ZONA 554