Sedia Payung Sebelum Tarbiyah


Zona554. Alhamdulillah, bumi Allah basah kuyup tersirami hujan dari langit. Mimin (admin red, lebay dikit kagak knapa-knapa ye..soalne emang musim lebay) teringat persis tanggal 1 januari 2013 hujan turun dari pagi sampai malam full time. Mimin sempat berpikir “mungkin nih hujan mau membersihkan bau petasan pasca tahun baruan yang menyelimuti langit yang tidak ridho dengan semua itu”.

Melihat hujan yang turun full time, mimin sarankan agar tetap siap sedia dengan jas hujan bagi pengendara motor, payung buat para pejalan kaki dan selimut bagi yang PW di rumah. Yang lebih penting lagi berdoa jika hujan turun, berdoa setelah hujan turun dan doa – doa lain secara umum (iya bu guru…)


Hah..tapi ada satu nih yang menyalah gunakan hujan, hujan menjadi senjata ampuh untuk melayankan SMS ke naqib. Yah… para penuntut ilmu dalam liqo’ tarbiyah. Hujan yang merupakan nikmat Allah ini sejatinya bukan halangan bagi para penuntut ilmu untuk tidak menghadiri liqo tarbiyahnya. Tapi kenyataan berkata lain, hujan dijadikan alasan utama untuk absen tarbiyah (walaupun tidak semuanya seperti itu, mimim bagaimana yah?).

Coba bayangkan ketika tak ada hujan, kita begitu semangat menghadiri majelis tersebut dengan tekad memahami keutamaan menghadiri majelis ilmu disamping wajibnya diri kita untuk menuntut ilmu. Lalu hujanpun turun yang bisa jadi ini ujian dari Allah terkait keistiqomahan kita dalam menuntut ilmu. Walhasil kita tidak bisa melalui ujian tersebut dan derajat disisi Allahpun kita tidak bisa mendapatkannya.

Mari kita kembali membuka pelajaran kita tentang keutamaan istiqomah. Allah Ta'ala berfirman

“Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati; dan bergembiralah kamu dengan (memperoleh) surga yang telah dijanjikan kepadamu” (QS. Fushilat: 30)

Ayat tersebut memberikan kita motivasi yakni balasan bagi orang yang istiqomah diatas tauhid, istiqomah dalam ketaatan dan istiqomah menunaikan kewajiban kita kepada Allah hingga maut menjemput.

Dan betapa indahnya jika hujan turun dan kita tetap bersemangat bahkan lebih bersemangat untuk mengahadiri liqo tarbiyah tiap pekannya, maka subhanallah insya Allah kita akan mendapatkan pahala yang tidak seperti biasanya tatkala tidak ada tantangan dan rintangan.

Coba kita analisa, jika karena alasan hujan membuat kita tidak menghadiri majelis Tarbiyah, maka sudah dipastikan selama musim hujan ini kita tidak akan pernah mengahadiri liqo tarbiyah. Yah…namanya musim hujan pasti akan hujan terus. Jadi SEDIA PAYUNG SEBELUM TARBIYAH

Wallahu a’lam (ST).

3 komentar:

borescope mengatakan...

sedia payung belum tarbiyah mantapp

timbangan mengatakan...

kereennn deh artikelnya

sudirmantahir mengatakan...

@borescope N timbangan
:terimah kasih banyak yah telah mampir di blog sederhana ini

Posting Komentar

Copyright © ZONA 554